KEGIATAN Pondok ramadhan oleh FAIRUZ ZAKY YUWONO


   
kEGIATAN PONDOK RAMADHAN
ASSALAMUALAIKUM wr. Wb.
Nama saya fairuz zaky yuwono dari SDN Ditotrunan 01 kelas5. Kali ini saya akan menceritakan tentang kegiatan pondok ramadhan pada hari Selasa tanggal 28 Mei 2019 .

Saya berangkat dari rumah jam 06.35 dan sampai sana skitar jam 06.45,kegiatan pertama yaitu shalat duhha sendiri sendiri dan shalat sendiri tapi mengikuti gerakan uztadz sholeh. Kegiatan kedua yaitu mendengarkan ceramah dari uztadz sholeh,uztadah melinda, uztadz kholid, dan uztadah ainun.
Uztadz sholeh mengajarkan tentang akhlak. Akhlak adalah karacter seseorang atu reflex yang tidak di rencanakan atu secara tiba tiba.
Uztadah melinda mengajarkan tentang puasa dan zakat. Puasa adalah menahan diri dari makan dan minum dari terbit fajar sampai terbenamnya fajar. Puasa dibagi menjadi 2 yaitu: puasa sunnah dan puasa wajib. Zakat adalah kegiatan memberikan suatu barang atau uang kepada orangyang kekurangan.
Uztadz kholid menjelaskan tentang wudhu. Wudhu adalah cara untuk memberikan dari hadizt kecil. Rukun wudhu ada 6yaitu:- niat
-      Membasuh muka
-      Membasuh tangan
-      Membasuh sebagian kepala
-      Mengusap kedua telinga
-      Membasuh kaki sampai mata kaki
   Uztadah ainun menjelaskan tentang shalat. Shalat adalah tiang agama. Dalam islam shalat dibagi menjadi 5 waktu yaitu subuh dhuhur, ashar, mahgrib, dan isaac. Syarat dalam shalat wajib adalah: beragama islam, berakal, dewasa,berih dari kotoran.
   Kegiatan kedua adalah tadarus setelah tadarus buka bersama dan shalat berjamaah mahgrib. Setelah buka dan shalat kami diberi kebebasan sampai trhim isya’ kami bermain kembang api, kejar kejaran dan uji nyali di kelas 5 yang tidak ada lampu.
    Setelah itu shalat berjamaah  shalat isya’ dan kgiatan terakhir yaitu shalat terawih dan witir. Sesudah itu pulang jam 19.40
Wassalamualikum WR. WB.

0 Response to "KEGIATAN Pondok ramadhan oleh FAIRUZ ZAKY YUWONO"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel